Thursday, February 14, 2019

Kesopanan dan etika

Di setiap kali pelajaran PPKN, sering kamu dengar kata-kata yang berhubungan dengan norma. Apa itu norma? Norma adalah serangkaian aturan yang ada di masyarakat dan kalau melanggar akan terkena sanksi tertentu oleh masyarakat sekitar. Ada 4 macam norma secara garis besar, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Nah, yuk sekarang kita bahas tentang 2 norma, yaitu norma agama dan norma kesusilaan. Check it out!
1. Norma agama
Norma ini adalah norma yang berhubungan dengan Pancasila sila pertama, yaitu Ketuhanan yang maha esa. Norma ini adalah petunjuk atau pedoman hidup yang diberikan oleh Tuhan yang isinya berisi nasehat dan perintah. Beberapa contoh dari norma agama ini adalah rajin beribadah, suka beramal, dan nggak boleh berjudi. Kalau kita melanggar norma ini, sanksinya nggak akan terlihat secara langsung. Sanksi dari norma ini akan kita dapatkan ketika sudah meninggal dunia, karena berhubungan langsung dengan Tuhan.
2. Norma kesusilaan
Norma ini berhubungan dengan perasaan seseorang. Norma ini bermakna sebagai sebuah petunjuk yang sumbernya berasal dari hati nurani masing-masing orang. Berlaku jujur dan toleransi adalah contoh dari norma kesusilaan ini. sanksi yang bisa kalian terima tidak terlihat oleh orang lain, karena sanksinya hanya akan dirasakan oleh diri sendiri. Nah, kalau kamu melakukan kesalahan, dan orang lain nggak tahu, ini sudah melanggar norma kesusilaan.
Sekarang kamu sudah tahu tentang dua dari empat norma yang penting. Bab ini penting untuk kamu pelajari karena berhubungan langsung dengan hubunganmu dengan masyarakat sekitar. Kamu bisa mempelajarinya sambil menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

Mars Perpisahan

TERIMAKASIH SUDAH KLIK VIDEO INI TAPI JANGAN LUPA GUYS, KLIK TOMBOL SUBSCRIBE KARNA SUBSCRIBE ITU GRATIS. DENGAN SUBSCRIBE KAMU SU...